Latest Event Updates

Penasaran Bagaimana Semut Kawin ?

Posted on

 

Sekumpulan semut

Semut adalah hewan yang unik dari cara mereka berkembangbiak. Ada praduga yang mengatakan bahwa mereka merupakan hewan aseksual, tapi pendapat ini sepertinya perlu dikaji ulang. Beberapa penelitian menunjukan bahwa ternyata semut juga melakukan kawin.

Dalam koloni semut sendiri dibagi menjadi beberapa kasta yang secara umum terdiri atas ratu, pekerja, tentara dan drone alias pekerja.  Dalam perkembangan telur semut menjadi semut sejati memang diemban oleh ratu semut tapi tugas terbesar justru dari drone. Drone atau pekerja memiliki tugas untuk mengawini si ratu. Si pejantan ini berkembang dari telur yang tidak dibuahi dengan tujuan membuat keturunan. Selain menjadi pejantan, telur ini juga ada yang menjadi betina bersayap yang nanti akan menjadi ratu dan betina tak bersayap yang akan menjadi pekerja di semut pada umumnya.

Walter Tschinkel yang merupakan peneliti semut yang sangat terkenal dari Florida States University, menjelaskan bahwa  beberapa jenis semut saat akan kawin pejantan semut memiliki perilaku yang unik. Mereka akan terbang ke gunung, bukit atau puncak pohon secara berkelompok untuk menarik perhatian ratu koloni.

Ratu semut dan semut jantan pada Oecophylla sp.

Saat kawin, pejantan akan memasukkan alat kelaminnya yang disebut disebut aedeagus, ke saluran reproduksi betina untuk menyimpan sperma. Sang ratu akan menyimpan sperma tersebut dan mereproduksinya menjadi telur sampai sisa umurnya. Keunikan inilah yang menyebabkan semut betina dapat bertelur beberapa kali tanpa perlu melakukan kawin lagi. Sperma semut jantan dapat disimpan dalam tubuh ratu dalam waktu yang sangat lama.

Hal tragis yang dialami oleh semut jantan adalah pasca kawin biasanya dia akan menemui ajalnya. Tujuan hidup dari semut jantan adalah kawin, setelah mendapatkan tujuan hidupnya ia akan segera mati. Bagi sang ratu, setelah kawin ia akan memutuskan sayapnya dan membentuk koloni baru ( pada umumnya semut ).

Seekor semut pekerja

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Walter Tschinkel ini juga semakin menguatkan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Christian Rabeling dari Harvard. Pada penelitian itu, Christian membuktikan bahwa semut bukanlah binatang aseksual seperti yang diduga selama ini. Dari sampel gen 234 semut yang ada di Amazon ditemukan sperma di dalam ‘spermatheca’ alias tempat penyimpanan sperma sang ratu.

Sumber :

nationalgeographic.co.id

Iklan

Ternyata Semut Mampu Tidur 250 Kali Dalam Sehari

Posted on

Semut, semua orang pasti pernah menemui hewan kecil ini tapi taukah kamu baru baru ini ada fakta menarik dari serangga kecil ini. Para peneliti dari University of South Florida, St Petersburg dan  University of Texas, Arlington, Amerika Serikat berhasil menemukan kebiasaan unik dari koloni semut. Penelitian yang dilakukan pada koloni semut  api jenis  Solenopsis invicta ini menemukan bahwa mereka tidur ratusan kali dalam setahun.

Penelitian semut yang dilakukan Deby Cassill, Skye Brown dan Devon Swick dari dari University of South Florida, St Petersburg, serta George Yanev dari University of Texas, Arlington, Amerika Serikat ini melakukan penelitian dengan cara membuat 3 buah sarang yang berisi 3 semut ratu, 30 semut pekerja dan 30 larva ukuran besar. Subjek subjek itu kemudian diletakan dalam sebuah tempat kaca untuk dapat diamati. 1 masalah yang dihadapi para peneliti adalah semut api ini hidup dibawah tanah dan mereka berharap cahaya ruangan tidak mempengaruhi mereka.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa semut pekerja memiliki kebiasaan tidur berbeda dari makhluk lain dan tak sama pada  tiap waktu. Seekor semut pekerja bisa melakukan tidu sebanyak 250 kali dalam sehari. Durasi tidur semut pekerja ini rata rata hanya 1 menit. Artinya jika ditotal, mereka hanya tidur selama 4 jam 48 menit tiap hari. Artinya sebagian besar waktu semut ini tetap dihabiskan untuk bekerja.

“Jumlah besar kebiasaan tidur semut pekerja menandakan bahwa sarang mereka selalu dijaga setiap saat. Selalu ada semut pekerja yang tersedia saat dibutuhkan,” jelas Cassill dikutip dari BBC.

Pada ratu semut, mereka dapat tidur hingga 90 kali dalam sehari dan dalam satu kali tidur dapat mencapai 6 menit. Artinya waktu tidur seorang ratu semut dapat mencapai 9 jam. Dikarenakan tugasnya yang lebih berat, semut pekerja memiliki usia hidup yang lebih pendek. Usia rata rata semut pekerja adalah 6 bulan hingga 1 tahun. Semut pekerja memiliki tugas berat mencari makan dan membantu melawan predator.

 

Deby L. Cassill, Skye Brown, Devon Swick dan George Yanev ( 2009). Polyphasic Wake/Sleep Episodes in the Fire Ant,
Solenopsis Invicta. journal Insect Behav 22:313–323

Seperti Apa Bintang Pertama di Alam Semesta ?

Posted on

  Big bang telah melahirkan alam semesta yang maha luas dan luar biasa ini. mendengar kata big bang kita pasti akan langsung terbayang suasana yang mencekam dan horor sehoror film valak. tapi sebenarnya kelahiran alam semesta tidak sehoror apa yang kita bayangkan.

Awalnya alam semesta ini sangat sepi gelap dan tidak ada apapun disana kecuali kesunyian dan kekosongan. Bintang pertama di alam semesta baru muncul sekitar 100 juta tahun pasca bigbang. sungguh sangat menarik bintang itu namun sayang bintang itu blm bisa untuk diamati oleh manusia saat ini. Bintang pertama ini adalah petunjuk dari bigbang mengingat pastinya bintang ini tersusun dari materi awal bigbang yang mungkin terdiri dari hidrogen, helium dan lithium.

Dengan teknologi yang ada para astronom terus menjelajah luar angkasa dengan teleskopnya yang luar biasa itu. Para ilmuan hingga pada akhirmya menemukan sebuah galaksi yang sangat muda dan sangat terang, CR7.

This artist’s impression shows CR7 a very distant galaxy discovered using ESO’s Very Large Telescope. It is by far the brightest galaxy yet found in the early Universe and there is strong evidence that examples of the first generation of stars lurk within it. These massive, brilliant, and previously purely theoretical objects were the creators of the first heavy elements in history — the elements necessary to forge the stars around us today, the planets that orbit them, and life as we know it. This newly found galaxy is three times brighter than the brightest distant galaxy known up to now. ( Wikipedia )

galaksi Cosmos Redshift7 (CR7 ) ini dipenuhi oleh bintang bintang purba yang memiliki massa lebih masif dibanding matahari dan ukuran yang sangat besar. Bintang bintang masa lalu ini dapat ratusan hingga ribuan kali lebih masif dari matahari. Bintang bintang purba ini nantinya juga akan menjadi pembentuk dari materi materi berat yang nantinya akan kita kenal saat ini.

Analisis Serangan Amerika di Suriah

Posted on

  Semenjak beberapa tahun terakhir Suriah beserta beberapa negara di kawasan seakan menjadi neraka yang disebabkan oleh keganasan dan ketamakan nafsu. semenjak Arab spring bergulir tahun 2011 silam seakan negara di kawasan menjadi rawan akan gesekan dan geopolitik menjadi sangat labil. banyak pihak yang terlibat dalam perang yang melelahkan ini. Berbagai faksi proxy dukungan NATO dan pihak lain, ekstrimis hingga pasukan pemerintah saling hajar dan bunuh untuk memperebutkan wilayah kekuasaan. Perang Suriah yang begitu rumit ini seakan enggan untuk disudahi dan menjadi makin larut dalam kerumitan.

 Kita dapat melihat baru baru ini Pasukan Amerika melakukan taktik klasiknya, menghujani tomahawk ke basis pemerintah Suriah. Strategi yang terbukti sukses ketika penggulingan Sadam Hussein dan Penghancuran Khadafi ini mereka coba terapkan lagi kepada pasukan Suriah di Al Syairat. Pasukan Suriah yang tengah diatas angin setelah kemenangan yang mereka dapatkan dari Menggempur ISIS, FSA dan beberapa faksi ekstrimis terpaksa harus menelan pil pahit usai serangan Amerika terhadap mereka.

  Serangan Amerika ke Suriah ini diklaim oleh Amerika sebagai balasan atas serangan gas kimia ke oposisi. Sangat ironi keputusan Amerika ini sangat tergesa gesa mengingat serangan gas itu belum mereka selidiki dengan benar dan belum ada bukti yang kuat mengenai hal itu. Bahkan pemerintah Russia, Suriah dan Iran mengatakan serangan gas kimia itu adalah bohong. Hal senada diungkapkan oleh ikatan dokter Swedia yang mengatakan bahwa serangan gas itu adalah palsu dan sengaja dibuat buat oleh pihak tertentu. Tentu jika hal ini benar maka akan menjadi pisau bagi Amerika dan pihak pihak yang mendukung serangan Amerika.

  Serangan ini juga membuktikan bahwa Amerika terbukti bermata dua dalam konflik di Suriah. Mereka mengatakan melawan teroris namun di lain sisi tindakan mereka ini justru dapat menyuburkan teroris di kawasan. Beberapa saat setelah serangan Amerika ke Suriah ini menjadikan teroris ISIS memiliki nyali untuk menggempur pasukan Suriah dan merebut wilayah dari pasukan resmi pemerintah. Kejadian ini sangat mirip dengan kejadian di Deir ez-Zor yang mana saat itu ISIS tengah dalam kondisi terpojok kembali meraih kemenangan karena Amerika.

  Tindakan tergesa gesa Amerika ini mungkin juga sebagai langkah melindungi sekutu mereka Saudi dan Israel. Telah lama Israel adalah musuh abadi bagi Suriah dan tentu akan menjadi masalah bagi Israel bila Suriah dapat memenangkan pertempuran dengan para teroris dan menjadi ancaman bagi sekutunya. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu adanya penggantian terhadap pemerintah Assad terhadap pemerintahan yang pro terhadap mereka. Serangan ini secara tidak langsung juga melemahkan lawan mereka, Rusia mengingat di Negara ini berdiri pangkalan militer Rusia dan menjadi tangan bagi Rusia terhadap segala kepentingan di kawasan.

  Sumber daya alam juga menjadi alasan terselubung, Minyak dan gas yang tersimpan di Suriah menjadikan siapa saja bernafsu untuk dapat menguasainya. Terlepas dari tangan tangan kotor penuh darah tentu minyak merupakan komoditas yang sangat penting dan berharga. Jumlah minyak dunia yang terus menipis tentu membuat barang ini semakin mahal.

Akhirnya Serangan Amerika di Suriah ini menjadi sesuatu yang sangat sarat akan kepentingan politik. Amerika menginginkan Assad lengser dan sumber daya alam yang benar benar menggiurkan. Konflik berkepanjangan seperti di Suriah bukan tidak mungkin juga akan terjadi di Indonesia kedepannya jika kita masih mudah untuk dipecah seperti di Timur Tengah, untuk itu perlu bagi kita untuk belajar dari konflik di Suriah dan berusaha agar jangan sampai ini terjadi di Indonesia.

Penasaran Berapa Penghasilan Pembuat Berita Hoax ?

Posted on

Penasaran dan pengen tau berapa gaji penulis berita bohong di internet ?

Penyebaran berita palsu alias hoax di internet semakin melonjak ketika mendekati event event pesar seperti pemilihan kepala daerah. Baru baru ini para sosmeters ramai dengan berita palsu Ahok pesta miras. nih fotonya

picture1   Untuk orang sumbu pendek pasti langsung percaya namun bagi yang gak gampang ditipu pasti ketawa. yang disangkakan minuman keras itu ternyata merupakan Equil, air mineral asli indonesia yang sengaja dibuat begitu bentuknya.

equil_mineralwater

  Konon katanya berita palsu semacam ini adalah cara ampuh untuk mengalahkan lawan politik di pilkada, ya walaupun calon pemimpin tersebut tidak punya niat demikian tapi kadang pendukungnya lah yang melakukan hal semacam ini. Anehnya tidak hanya satu dua yang ketipu berita bohong tapi ratusan bahkan mungkin ribuan, kok bisa ya ? padahal jika mereka mau sedikit cari cari info yang bener berita berita bohong itu bisa diketahui dengan mudah.

Siapa sih sebenarnya yang menjadi tukang pembuat berita bohong ini ?
Sebenarnya belum ada penemuan secara jelas di Indonesia tentang penulis berita hoax, semua simpang siur. Tapi untuk di Amerika sendiri hal ini sudah terbukti. Menurut Washington Post, saat pilpres kemaren memang ada orang yang dibayar untuk menulis berita bohong dan nyebarin hoax tentang calon presiden Amerika tentunya. Salah satu yang populer adalah Paul Horner. Pria berusia 38 tahun ini nggak cuma sekali dua kali nulis berita bohong, dia udah bertahun-tahun ngelakuin pekerjaan ini. Salah satu beritanya yang paling terkenal berjudul “The Amish Vote for Donald Trump” . Paul sendiri nggak nyangka artikel hoax-nya ini berpengaruh besar terhadap hasil pemilihan presiden Amerika Serikat yang akhirnya dimenangkan oleh Donald Trump.

 Paul Horner mengaku kalau kemenangan Trump ini adalah karena tulisan-tulisannya. Para pendukung Trump memilih artikel yang dia tulis sebagai rujukan, kemudian merekashare di medsos sebanyak-banyaknya dan berhasil menghimpun banyak suara. Lebih parah lagi, hal ini dilakuin tanpa cek dan ricek sumber berita terlebih dahulu. Paul pernah menulis sebuah berita yang berisi tentang ” para pendemo yang menolak Trump dibayar 3500dolar untuk mengikuti aksi protes “. Berita inipun lagi lagi langsung ditelan oleh banyak orang tanpa mencari kebenarannya. Wajar saja dari “pekerjaannya” ini Paul sanggup meraup keuntungan 10 ribu dolar atau senilai 135 juta rupiah setiap bulannya. WOW

  Situs Buzzfeed News pernahmelakukan investigasi dan menemukan basis penyebaran berita palsu yang nggak diduga-duga berada di Makedonia. Lebih mengejutkan lagi, penulisnya rata-rata masih berusia belasan tahun! Sebanyak 100 website yang diduga pro-Trump ternyata dijalankan dari negara di Eropa bagian tenggara ini, tepatnya di kota Veles.
Penghasilan yang fantastis

dollar_22   Salah seorang yang aktif menulis di website politik dari Makedonia bernama Victor yang berhasil diwawancarai oleh Channel 4 (dilansir oleh Daily Mail). Pemuda yang masih berusia 16 tahun ini merupakan editor di sebuah situs bernama Total News. Victor memaparkan bahwa situs berita palsu udah jadi industri yang besar di Makedonia dan saat ini sudahudah ada lebih dari 200 situs. Rata-rata dari mereka bikin situs ini hanya untuk uang dan hiburan. Warga Veles mengatakan  bahwa pendapatan pembuat berita bohong di kota ini bisa mencapai 200 ribu dolar atau 2,7 milyar rupiah !
Bagaimana dengan Indonesia ?

  Untuk Indonesia sendiri mungkin pendapatannya gak sampai milyaran rupiah per bulan tapi gaji pembuat berita bohong di indonesia menurut kabar bisa lebih besar dari gaji PNS awal selama setahun ! Nah mereka bisa mendapatkan pendapatan sebesar ini dikarenakan mereka menyebarkannya lewat sosial media. Untuk berita bohong dengan pendapatan paling besar di indonesia biasanya berita yang berhubungan dengan politik maupun agama.
Belum dapat saya simpulkan apakah berita hoax di Indonesia ini dibuat atas dasar kepentingan bisnis semata atau ada kepentingan lain yang “memboncengi”. Tapi menurut pengamatan saya pembuat berita hoax di Indonesia didominasi oleh Pasukan nasi bungkus dan pasukan nasi kotak yang ingin menjatuhkan lawannya.

yang jelas pelaku penyebar informasi hoax bisa terancam pasal 28 ayat 1 dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Di dalam pasal ini disebutkan, ‘Setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.’

Mengenal Lebih Dekat Tank Zulfiqar

Posted on

zolfaghar1-pic4

Tank Zulfiqar atau zolfaqor merupakan tank tempur utama Iran yang mulai diproduksi semenjak 1996. Nama Zulfiqar diambil dari nama pedang khalifah ke 4 umat Islam Sayyidina ‘Ali bin Abi Tholib. Hingga saat ini Iran telah memiliki 3 varian Zulfiqar yaitu Zulfiqar I, II dan III. Tank Zulfiqar ini diawaki oleh 3 kru yaitu komandan, penembak dan pengemudi.

Tank Zulfiqar dikonsep oleh Brigadir Jenderal Mir-Younes Masoumzadeh. Tank Zulfiqar ini menggabungkan kemampuan yang dimiliki oleh tank M48, M60 dan T 72. Prototipe pertama  dari Zulfiqar I dirancang pada tahun 1993 dan diperkenalkan kepada publik tahun 1994. Pada tahun 1997, enam prototipe telah berhasil diciptakan, diuji coba dan dipakai oleh Angkatan Darat Iran. Pada tahun yang sama, Presiden Iran Hashemi Rafsanjani resmi memproduksi secara massal tank Zulfiqar di kompleks industri Kolah Shahid Dooz. Sekitar 600 artileri, 520 tank dan 500 kendaraan lapis baja diproduksi disini.

Beautiful_Zulfiqar-1

Zulfiqar terlihat menggunakan treads dan suspensi dari desain AS , turret rendah dan meriam utama bergaya-Soviet. Terdapat enam “road wheels” di setiap sisi treads dengan “drive sprocket” terpasang di belakang belakang hull dan “track idler” di depan. Lapis bajanya merupakan komposit dan teknologi ERA juga digunakan.

Zulfiqar menggunakan pengisian amunisi otomatis yang menggunakan desain tank T 72 Soviet membuatnya hanya memerlukan tiga awak tidak seperti standar Barat yang membutuhkan empat awak. Meskipun pengisi amunisi otomatis mengurangi kebutuhan awak namun pengisian amunisi bisa dikatakan lebih lambat daripada pengisian amunisi M1 Abrams ( Zulfiqar versi awal ). Untuk senjata menggunakan meriam soothbore 125mm dan senapan mesin koaksial 7,62 mm yang dioperasikan oleh penembak disamping meriam utama ketika dibutuhkan. Disediakan juga senapan anti pesawa 12,7 mm bergaya Soviet diluar. Zulfiqar juga memiliki pelontar granat asap di sepanjang sisi turret.

zolfaghar1-pic1

Tenaga tank disuplai oleg mesin diesel 12-silinder V-46-6 Rusia yang mampu menghasilkan kekuatan 780 tenaga kuda. Mesin ini dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis seri SPAT 1200 dengan total 6 gigi transmisi. Mesin ini  dapat membuat tank memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam dengan jarak operasional sekitar 450 mil. Tank ini juga mempunyai tangki bahan bakar eksternal untuk meningkatkan jarak operasional dan dipasang di belakang hull.

Ikan Ikan Cichlid yang Sering Salah Nama

Posted on

Cichlid, ya cichlid merupakan keluarga ikan yang sangat populer. Cichlid juga merupakan ikan dengan rata rata warna yang menarik sehingga cocok bagi ikan hias. dibalik banyaknya cichlid taukah anda bahwa ada beberapa ikan cichlid yang sering salah nama, apa sajakah itu ? berikut daftarnya :

  1. Ikan Lemon dan electric yellow

Lions cove yellow labido

Kita pasti menganggap ini adalah ikan lemon bukan ? tapi sebenarnya anda salah. ikan ini sebenarnya adalah ikan electric yellow.

Neolamprologus_leleupi

inilah ikan lemon yang sebenarnya yaitu Neolamprologus leleupi.

2. Melanochromis johannii dengan Melanochromis cyaneorhabdos

MelanochromisCyaneorhabdosM12_t

Pasti sebagian dari kita menganggap inilah yang disebut dengan ikan blue johanni bukan ? kalau begitu ANDA SALAH… ikan ini sebenarnya Melanochromis cyaneorhabdos. Ikan ini antara jantan dan betina memiliki warna yang sama. ikan blue Johanni yang sebenarnya memiliki warna kuning pada jantannya seperti gambar ini. awalnya biru lalu setelah dewasa menjadi kuning.

371408287_79d71bed4d

 

3. Festae dan Mayan cichlid

download

Mayan Cichlid

download (1)

Festae cichlid