Israel, Dari Nuklir Hingga Senjata Biologis

Posted on


bom nuklir

Sejak beberapa puluh tahun ini nama Israel semakin sering terdengar, nama ini menjadi cukup poluler akibat konflik dengan Palestina dan beberapa negara di Timur Tengah. Saat ini ada berjuta juta orang yang sangat membenci negara ini akibat banyaknya masalah yang dibuat negara ini dan negara ini terkesan suka mencari cari masalah. Israel setiap tahunnya selalu mendapatkan bantuan dana yang sangat besar besar dari Amerika, mengkin hal inilah yang membuat negara ini menjadi negara yang “jail”.

Kehadiran negara Israel selalu menimbulkan pro dan kontra di dunia internasional. negara ini sering menyerukan agar pengayaan uranium di Iran segera dihentikan karena ia takut pengayaan uranium itu akan menghasilkan senjata nuklir yang sangat berbahaya. Dibalik sikapnya yang menolak pengembangan nuklir iran, ternyata Israel memiliki senjata haram tersebut. Israel dan Amerika selalu memaksa agar Iran menghentikan program nuklirnya tapi Israel selalu aktif mrngrmbangkan senjata nuklirnya, kalau seperti ini apa lagi namanya kalau bukan maling teriak maling.Pemerintah Israel  menolak untuk mengesahkan atau menyangkal secara resmi bahwa Israel mempunyai program senjata nuklir, dan tidak menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (Treaty on the Non-Proliferation of Nuclear Weapons – NPT).

Pengungkapan pertama kepemilikan nuklir Israel datang dari Sunday Times yang berpusat di London pada 5 Oktober 1986, yang diungkapkan oleh Mordechai Vanunu, bekas pekerja di Pusat Penyelidikan Nuklir Negev, terletak di gurun Negev selatan Dimona. Akibat Vanunu mengatakan rahasia Israel tersebut maka ia diculik oleh agen rahasia Israel, Mossad dan dihukum penjara selama 18 tahun, 12 tahun dalam penahanan terisolasi.Vanunu juga mengungkapkan  Israel juga telah membuat senjata berbahaya lainnya yaitu senjata termonuklir. Menurut Nuclear Threat Initiative, Israel mempunyai 100–200 nuklir dan sistem peluru kendali jarak jauh, Jericho missile.Benar benar aneh negara yang sangat pengembangan senjata nuklir tapi ia sendiri justru mengembangkan senjata nuklir.

Israel dikabarkan juga sedang mengembangkan senjata kimia hingga senjata biologis. Israel telah nenandatangani tetapi tidak mengesahkan konvensi senjata kimia (CWC). Terdapat spekulasi bahwa program senjata kimia mungkin terletak di Institut Riset Biologi Israel ( IIBR ) yang terletak di Ness Ziona . Informasi rahasia ini pertama kali dibocorkan oleh Marcus Klingberg untuk kemudia diberikan kepada Uni Soviet kala itu. Akibat dari aksinya itu Marcus Klingberg sempat menjalani hukuman penjara 20 tahun.Israel dikabarkan juga tengah mengembangkan senjata berbahaya lainnya yaitu senjat biologis. Program senjata biologi Israel dikabarkan terdapat di Israel Institute of Biological Research-IIBR di Ness Ziona.

Lebih parah lagi senjata senjata pemusnah masal itu tidak hanya dikembangkan saja tapi bahkan beberapa sudah digunakan Israel dalam beberapa konflik. Pada tahun 2009, beberapa kelompok hak asasi manusia, termasuk Human Rights Watch, Amnesty International, dan Palang Merah Internasional telah melaporkan pemerintah Israel karena telah menyerang warga sipil Palestina, dengan senjata kimia. Tim Amnesty International mengaku telah menemukan “bukti tak terbantahkan dari meluasnya penggunaan fosfor putih” sebagai senjata pemusnah masal di wilayah sipil yang padat penduduk. Awalnya militer Israel membantah dengan keras pernyataan itu namun setelah semakin ditekan akhirnya militer Israel mengakuinya. Bahkan yang lebih gila Israel pernah mengebom kantor PBB di Gaza, Palestina dengan senjata ini.

ibbr

Menurut informasi selain senjata kimia, Israel juga pernah menggunakan senjata biologisnya, senjata produksi IIBR menurut merdeka.com pertama kali dipakai Mossad untuk membunuh pemimpin PFLP (Barisan Rakyat bagi Pembebasan Palestina) Wadia Haddad pada 1977.  Menurut buku yang ditulis wartawan Israel, Aharon Klein, Mossad memasukkan racun itu ke dalam cokelat Belgia kegemaran Haddad. Seorang pejabat Irak bekerja untuk Mossad lalu membawa cokelat beracun itu kepada Haddad yang tinggal di Baghdad. Karena daya kerjanya yang cukup lambat, racun yang bersarang di tubuh Haddad tidak diketahui hingga pada akhirnya ia semakin lemah semakin lemah dan mati.

 

Iklan

One thought on “Israel, Dari Nuklir Hingga Senjata Biologis

    freedom judge said:
    Maret 26, 2015 pukul 11:40

    blog kurang kerjaan… harus berdasarkan bukti nyata dan fakta,, bukan cuma omdong aja.. uuuu

    Suka

Silahkan yang mau komentar... tapi ingat ! yang sopan ya :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s