Iran, Negara Pelindung Palestina

Posted on


Perhatikan, awalnya seluruh wilayah adalah Palestina (warna hijau), kini wilayah Palestina sangat sedikit (sekitar 3%)

  Israel akan lebih sulit menghadapi pasukan Hamas di Gaza. Sebab, Iran secara terbuka menyatakan akan terus mempersenjatai warga Palestina untuk melawan Israel. Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah sebuah pesawat mata-mata tanpa awak milik Israel memasuki wilayah Iran. Pesawat yang telah ditembak jatuh tersebut melintas di Natanz, area pengayaan uranium terbesar di Iran.

’’Kami akan terus mempersenjatai Tepi Barat (Palestina, Red) dan kami berhak untuk membalas Israel,’’ kata Komandan Pasukan Udara Garda Revolusi Iran Jenderal Amir Ali Hajizadeh. Pernyataan terbuka tersebut dapat membuat hubungan Iran dan Israel semakin berantakan

Hajizadeh juga membenarkan bahwa Iran menyuplai senjata ke pejuang Islam dan Hamas yang ada di Gaza sejak perang meletus 8 Juli lalu. Termasuk di antaranya teknologi roket peluncur yang kerap dipakai Hamas untuk menyerang Israel. Selama ini Iran memang dikenal sebagai pendukung utama Hamas. Negeri Persia juga tidak pernah mengakui Israel menjadi sebuah negara.

Rudal Iran

Bukan tanpa alasan Iran dukungannya pada Hamas. Pemicunya adalah Israel sendiri, sebab, Israel berusaha memata-matai dan menghancurkan wilayah pengayaan uranium Iran di Natanz. Pesawat mata-mata ini sendiri telah ditembak jatuh berulangkali dan Israel membenarkan hal tersebut tanpa mau mengonfirmasi lebih jelas.

Israel selama ini kerap mengancam akan menghancurkan tambang uranium Iran. Ada kemungkinan mereka ingin menyerang instalasi nuklir di Natanz. Di Natanz, ada 16 ribu mesin pemisah uranium. Sekitar 3 ribu di antaranya berada di tambang Fordo yang terletak di dalam area pegunungan. Letaknya yang tersembunyi membuat tambang ini sulit dihancurkan musuh.

Hajizadeh menambahkan bahwa pesawat tanpa awak yang digunakan Israel adalah jenis Hermes yang mampu menghindari radar. Pesawat tersebut mampu terbang dengan daya jangkau 800 kilometer. ’’Serpihan pesawat telah dikumpulkan dan akan dianalisis,’’ ujarnya. Pesawat ini oleh Iran mungkin akan dibongkar dan dirakit ulang seperti drone amerika yang jatuh beberapa waktu lalu.

 

Iklan

Silahkan yang mau komentar... tapi ingat ! yang sopan ya :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s