Jamaran, Destroyer Canggih Buatan Iran

Posted on


Jamaran

Teheran beberapa waktu yang lalu dikabarkan telah meluncurkan kapal perusak kedua buatan dalam negeri di Laut Kaspia. Itu merupakan pengerahan pertama kekuatan kapal perang dari negara di kawasan Teluk. Peluncuran dilakukan Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Stasiun televisi Press TV milik pemerintah Iran melaporkan bahwa kapal perusak Jamaran-2 itu dirancang dan dibuat para ahli di Kementerian Pertahanan Iran dan dilengkapi dengan navigasi canggih serta sistem pertahanan canggih. Peluncuran destroyer yang dilengkapi peluru kendali itu berlangsung di kota pelabuhan Bandar-e Anzali, Provinsi Gilan, sekitar 250 kilometer barat laut Teheran.

Ahmadinejad memuji pembangunan destroyer itu sebagai prestasi besar bagi Republik Islam Iran. Dia mengatakan bahwa kapal perang itu diluncurkan untuk mendukung perdamaian dan persahabatan di kawasan.“Kapal ini berada di sini (Laut Kaspia) untuk menghadapi siapapun yang berupaya membahayakan keamanan negara-negara sekitarnya,” ujarnya. “Peluncurannya akan menjadi langkah maju menuju terciptanya keamanan di laut ini,” lanjutnya.

Setelah menjalani uji terakhir, Jamaran-2 akan bergabung dengan armada laut Iran di Laut Kaspia dalam enam bulan ke depan. Kapal yang berbobot 1.420 ton itu dilengkapi landasan pendaratan helikopter dan mesin 20 ribu tenaga kuda (hp). Memiliki panjang 94 meter, kapal itu mampu melaju dengan kecepatan 30 knot (sekitar 56 kilometer perjam). Jamaran-2 juga dilengkapi rudal permukaan ke permukaan maupun permukaaan ke udara, senjata anti-pesawat, serta radar dan terminal komunikasi yang canggih.

Asian News International (ANI) melaporkan bahwa itu merupakan kapal perusak kedua buatan Iran. Teheran telah meluncurkan Jamaran-1 pada 2010 di Teluk Persia. Kapal ini bisa mengangkut 120-140 awak serta dilengkapi radar modern maupun peralatan perang elektronik canggih lainnya, rudal anti-kapal dan rudal permukaan ke udara. Destroyer Jamaran ini bahkan dikabarkan dapat merontokan F 18, F 16 dan drone dengan peralatan perang elektroniknya.

Peluncuran Destroyer baru Iran ini jelas memicu kemarahan negara negara barat terutama Amerika dan Israel. Kemarahan Barat ini yang membuat banyak negara barat berusaha mencuri teknologi dari Jamaran. Seorang komandan senior Angkatan Laut Iran mengatakan bahwa saat ini intelijen sejumlah negara terus berusaha mencari informasi tentangkemampuan kapal destroyer Iran, Jamaran. “Saya melihat bagaimana unit angkatan laut trans-regional di perairan bebas, misalnya Laut Merah, dan daerah lainnya mencoba mendekat ke Jamaran dan mengambil gambar dan footages dan ingin tahu bagaimana kemampuan kapal bekerja,” kata Kapten Razzaqi Komandan kapal perang logistik Bandar Abbas  yang ikut dalam misi Jamaran dalam 3 bulan kedepan.

apten Razzaqi  kepada Far News Agency  Selasa 17 Maret 2015 mengatakan kemampuan tinggi dan kemampuan spesialis dan ahli telah membangun kapal iran ini berbeda dengan kapal lain, “Saat ini, (yang berbeda) peluncur rudal kapal dan kapal selam yang sedang dibangun dan mereka telah berubah Angkatan Laut Iran menjadi kekuatan regional yang besar. ”

Untuk video dari Jamaran dapat anda lihat dibawah ini.

Iklan

Silahkan yang mau komentar... tapi ingat ! yang sopan ya :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s