Apa Itu Mesin Turboprop

Posted on Updated on


Tu_95MS_143.jpgbeb2cc8e-0f08-4d6f-b1eb-f2ee726ee07cOriginal

Teknologi pesawat terus mengalami perkembangan, dimulai dari pesawat generasi awal yang menggunakan teknologi sederhana yang terus berkembang hingga saat ini, pesawat jet. pesawat mengalami banyak era seperti era peawat turboprop, turbofan dan lain lain. kali ini saya akan sedikit membahas mengenai apa itu pesawat turpoprop yang ilmunya saya dapatkan dari pameran militer di daerah saya, Kulon Progo pada sabtu 3 oktober 2015 kemarin. Tanpa berlama lama lagi ini dia penjelasannya.

mesin turboprop adalah jenis pesawat yang baling-balingnya digabungkan ke turbin melalui gigi reduksi yang mengubah RPM tinggi, torsi output yang rendah untuk RPM rendah, torsi tinggi. Baling-baling itu sendiri biasanya kecepatan yang konstan (variabel pitch) sejenis dengan yang digunakan dengan mesin pesawat yang lebih besar reciprocating.
Sejarah

Awalnya Arnold Alan Griffith telah menerbitkan sebuah makalah tentang desain turbin pada tahun 1926. Setelah bekerja di Royal Aircraft Pendirian desain turbin aksial yang dapat digunakan untuk mensuplai listrik ke poros dan baling-baling. turboprop pertama di dunia adalah Cs Jendrassik-1, dirancang oleh insinyur mekanik Hongaria György Jendrassik . Mesin ini diproduksi dan diuji di pabrik Ganz di Budapest antara 1939 dan 1942.. Ini direncanakan agar sesuai dengan pembom RMI-1 Varga X / pengintai H bermesin ganda pada tahun 1940, namun program tersebut dibatalkan. Mesin turboprop pertama Inggris Rolls-Royce Trent RB.50. Dari pengalaman mereka dengan Trent, Rolls-Royce mengembangkan Dart, yang menjadi salah satu mesin turboprop paling handal yang pernah dibangun. Dart produksi terus selama lebih dari lima puluh tahun. The Dart Vickers Viscount bertenaga adalah pesawat turboprop pertama apapun untuk masuk ke produksi dan dijual dalam jumlah besar . turboprop pesawat single mesin pertama di dunia  adalah Armstrong Siddeley Mamba bertenaga Boulton Paul Balliol, yang pertama terbang pada tanggal 24 Maret 1948.

Sementara Uni Soviet dapat membuat pembom strategis jet-powered sebanding dengan Boeing B-52 Stratofortress, Tupolev Tu-95, didukung dengan empat Kuznetsov NK-12 turboprops, dikawinkan dengan delapan baling-baling kontra-rotating (dua per nacelle) dengan kecepatan supersonik untuk mencapai kecepatan jelajah maksimum lebih dari 575 mph, lebih cepat dari kebanyakan pesawat jet generasi awal

Mesin turboprop pertama Amerika adalah General Electric XT31 yang pertama kali digunakan pada percobaan Vultee XP-81. XP-81 pertama kali terbang pada Desember 1945, pesawat pertama yang menggunakan kombinasi turboprop dan turbojet. Teknologi dari pesawat Lockheed Electra juga digunakan pada pesawat militer, seperti Orion-3 P dan C-130 Hercules.

speyer-kuznetsov-nk-12ma-ptl-engine-01
Dalam bentuk yang paling sederhana turboprop terdiri dari intake, kompresor, ruang bakar, turbin, dan mendorong nozzle. Udara ditarik ke dalam intake dan dikompresi oleh kompresor. Bahan bakar ini kemudian ditambahkan ke udara dikompresi dalam ruang bakar, di mana campuran bahan bakar-udara kemudian combusts. Pembakaran gas panas memperluas melalui turbin. Beberapa kekuatan yang dihasilkan oleh turbin digunakan untuk menggerakkan kompresor. Sisanya ditularkan melalui pengurangan gearing untuk baling-baling. perluasan lebih lanjut dari gas terjadi di nozel mendorong, dimana gas buang dengan tekanan atmosfer. Nozel mendorong menyediakan proporsi yang relatif kecil dari dorongan yang dihasilkan oleh sebuah turboprop. Berikut adalah gambar cara kerjanya :

turboprop

Mesin turboprop di indonesia biasanya banyak digunakan dalam penerbangan perintis karena bahan bakarnya yang lebih hemat dari turbofan, serta tenaganya yang tidak sebesar turbofan menjadikan cocok bagi pesawat pesawat kecil. Walaupun pesawat ini memiliki tenaga yang tidak sebesar turbofan bukan berarti pesawat ini tidak bisa dipakai di mesin pesawat besar. Memang mesin ini umumnya dipakai di pesawat subsonic kecil tapi ada juga pesawat yang memiliki mesin turboprop dengan daya lebih dari 500 kt atau 926 km/h atau 575 mph. Karena mesinnya yang hemat bahan bakar mesin ini juga dipakai di pesawat militer dan pesawat militer dengan ukuran cukup besar seperti Lockheed Martin  L-188 Electra dan pesawat pengebom Tupolev Tu-95. Pesawat angkut besar seperti A400M juga memakai mesin turboprop ( TP400 Europrop ) yang merupakan mesin turboprop terkuat setelah Kutznetsov NK-12 yang dirancang oleh biro desain Kutznetsov, Uni Soviet pada tahun 1950an.

Contoh mesin turboprop yang populer adalah mesin Rolls-Royce Dart yang dipakai pada pesawat Britih Aerospace atau BAe (dulu Hawker Siddeley) HS-748 dan Fokker F-27. Kemudian mesin Rolls-Royce Tyne yang digunakan pada pesawat jenis Transall C-160 dan BAe Vanguard.

Iklan

Silahkan yang mau komentar... tapi ingat ! yang sopan ya :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s