Admiral Kuznetsov, Kapal Pencabut Nyawa

Posted on Updated on


Russian aircraft carrier Admiral Kuznetsov

  Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov /Адмирал флота Советского Союза Кузнецов demikian nama resmi dari kapal induk Admiral Kuznetsov. Sebenarnya Rusia lebih menyebut kapal ini sebagai kapal jelajah tapi barat menyebutnya dengan kapal induk. Rusia atau dahulu sebelum runtuh adalah Uni Soviet hanya memproduksi dua kapal induk dari kelas ini yaitu Admiral Kuznetsov dan satunya lagi adalah Varyagyang yang belum sempat dioperasikan oleh AL Soviet, tetapi oleh Ukraina langsung RRC ketika Uni Soviet runtuh. Kedua kapal induk tersebut di bangun di galangan kapal Nikolayev South Shipyard yang terletak Nikolayev, yang saat ini menjadi bagian dari negara Ukraina. Kapal bertenaga konvensional atau non nuklir ini di bangun pada tahun 1983 atau mundur satu tahun karena upacara peresmian pembangunan pada tahun 1982, dan selesai secara keseluruhan pada tahun 1985. Mulai bertugas secara penuh di AL Soviet pada tahun 1995. Yang unik dari kapal induk ini adalah penggunaan nama yang sempat berganti hingga 4 kali dari mulai Riga pada awalnya, November 1982 berubah menjadi Leonid Brezhnev, kemudian ketika Agustus 1987 di ganti menjadi Tbilisi, dan yang terakhir padaOktober 4, 1990 menjadi Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov. Nama yang sangat panjang.

Admiral_Kuznetsov

Sebagai kapal induk Admiral Kuznetsov mampu membawa sekitar 26 buah Su-33, Mig 29K Fulcrum, 5 buah Su-25 UTG/UBP, 4 buah hlikopter Kamov Ka-27LD32, 18 buah Kamov Ka-27PLO, dan 2 buah Kamov Ka-27S. Kapal besar ini mampu berlayar selama 45 hari nonstop dengan jarak tempuh 7.100 km ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 32 knots.

SHIP_CV_Admiral_Kuznetsov_1996_lg

Rutinitas kapal ini kebanyakan hanya tur ke berbagai lautan dan juga terlibat dalam latihan perang , apalagi Rusia yang kini juga tengah masih terlibat kesulitan keuangan membuat pengoperasian kapal induk ini juga menjadi terbatas.  Admiral Kuznetsov dibina oleh Armada Utara, sejak Januari 1991. Misi selanjutnya Admiral Kuznetsov terlibat program pelatihan peningkatan kemampuan pilot angkatan laut di Pusat Pelatihan Pilot AL Nitka di Ukraina. Rencananya Admiral Kutznetsov akan tetap aktif di AL Russia minimal hingga 2030.

Iklan

Silahkan yang mau komentar... tapi ingat ! yang sopan ya :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s