Penguin, rudal murah tapi gak murahan

Posted on Updated on


pinguin

Rudal anti-kapal Penguin yang disebut AGM-119 oleh militer AS, adalah rudal anti-kapal berbasis pencari IR pasif Norwegia dengan jarak pendek sampai menengah, yang dirancang untuk digunakan angkatan laut. Tak heran jika misil ini biasanya menyerang bagian bagian panas dari kapal seperti bagian mesin.

Penguin pada awalnya dikembangkan dalam sebuah kolaborasi antara Norwegian Defence Research Establishment (NDRE; Norw. FFI) and Kongsberg Våpenfabrikk dimulai pada awal tahun 1960, dengan dukungan keuangan dari Amerika Serikat dan Jerman Barat.

Misil ini sebenarnya memiliki banyak pesaing seperti Kormoron ( jerman ) , Sea Skua (BAe Inggris ), Marte (Sistel Italia ), AGM-84 Harpoon ( Amerika Serikat ),RBS15F ( Swedia ),Gabriel III ( Israel ) . Walau pada awalnya dirancang untuk militer Norwegia, rudal yang pertama diluncurkan pada tahun 1972 ini dapat memukau banyak negara. Hal yang membuat banyak negara kagum dengan rudal ini bukan karena predikat Mk I sebagai rudal antikapal fire and forget pertama di wilayah Barat. Fire and forget adalah istilah rudal yang bisa mencari sendiri sasarannya tanpa perlu dibimbing awak pengendali.

AGM-119A Penguin anti-ship missile is mounted on the pylon of a Norwegian F-16A during testing of the missile_02

Selain dipakai di dalam negeri, versi Mk I juga digunakan oleh angkatan laut Turki. Pada tahun 1980, Kongsberg meluncurkan versi Mk2, yang terdiri dari dua jenis rudal yaitu: Mod 3 dan Mod 7. Mod 3 dirancang untuk digunakan di kapal patroli, sementara Mod 7 untuk helikopter. Mod 7 bisa dipasang di Bell 412EP, Westland Super Lynx, Sikorsky S-70B, dan SH-60B Seahawk.
Di bawah koordinasi AU AS muncullah Penguin Mk III. Hal yang membedakan dengan versi terdahulu adalah penjejak sasaran yang sudah digital. Lebih dari itu, Mk III hanya bisa dipanggul pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. Pengguna rudal ini diantaranya adalah Australian, Brasil, Yunani, Norwegia, Spanyol, Swedia, Turki, Amerika dan Selandia Baru.

Harga rudal ini adalah $500.000, masih terbilang murah dibandingkan

Harpoon ( $1.1 juta ), P800 Oniks  ( $8.5 juta ), Sunburn ( $6 juta ) dan Brahmos ( $10 juta ).

Iklan

Silahkan yang mau komentar... tapi ingat ! yang sopan ya :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s