Analisis Serangan Amerika di Suriah

Posted on


  Semenjak beberapa tahun terakhir Suriah beserta beberapa negara di kawasan seakan menjadi neraka yang disebabkan oleh keganasan dan ketamakan nafsu. semenjak Arab spring bergulir tahun 2011 silam seakan negara di kawasan menjadi rawan akan gesekan dan geopolitik menjadi sangat labil. banyak pihak yang terlibat dalam perang yang melelahkan ini. Berbagai faksi proxy dukungan NATO dan pihak lain, ekstrimis hingga pasukan pemerintah saling hajar dan bunuh untuk memperebutkan wilayah kekuasaan. Perang Suriah yang begitu rumit ini seakan enggan untuk disudahi dan menjadi makin larut dalam kerumitan.

 Kita dapat melihat baru baru ini Pasukan Amerika melakukan taktik klasiknya, menghujani tomahawk ke basis pemerintah Suriah. Strategi yang terbukti sukses ketika penggulingan Sadam Hussein dan Penghancuran Khadafi ini mereka coba terapkan lagi kepada pasukan Suriah di Al Syairat. Pasukan Suriah yang tengah diatas angin setelah kemenangan yang mereka dapatkan dari Menggempur ISIS, FSA dan beberapa faksi ekstrimis terpaksa harus menelan pil pahit usai serangan Amerika terhadap mereka.

  Serangan Amerika ke Suriah ini diklaim oleh Amerika sebagai balasan atas serangan gas kimia ke oposisi. Sangat ironi keputusan Amerika ini sangat tergesa gesa mengingat serangan gas itu belum mereka selidiki dengan benar dan belum ada bukti yang kuat mengenai hal itu. Bahkan pemerintah Russia, Suriah dan Iran mengatakan serangan gas kimia itu adalah bohong. Hal senada diungkapkan oleh ikatan dokter Swedia yang mengatakan bahwa serangan gas itu adalah palsu dan sengaja dibuat buat oleh pihak tertentu. Tentu jika hal ini benar maka akan menjadi pisau bagi Amerika dan pihak pihak yang mendukung serangan Amerika.

  Serangan ini juga membuktikan bahwa Amerika terbukti bermata dua dalam konflik di Suriah. Mereka mengatakan melawan teroris namun di lain sisi tindakan mereka ini justru dapat menyuburkan teroris di kawasan. Beberapa saat setelah serangan Amerika ke Suriah ini menjadikan teroris ISIS memiliki nyali untuk menggempur pasukan Suriah dan merebut wilayah dari pasukan resmi pemerintah. Kejadian ini sangat mirip dengan kejadian di Deir ez-Zor yang mana saat itu ISIS tengah dalam kondisi terpojok kembali meraih kemenangan karena Amerika.

  Tindakan tergesa gesa Amerika ini mungkin juga sebagai langkah melindungi sekutu mereka Saudi dan Israel. Telah lama Israel adalah musuh abadi bagi Suriah dan tentu akan menjadi masalah bagi Israel bila Suriah dapat memenangkan pertempuran dengan para teroris dan menjadi ancaman bagi sekutunya. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu adanya penggantian terhadap pemerintah Assad terhadap pemerintahan yang pro terhadap mereka. Serangan ini secara tidak langsung juga melemahkan lawan mereka, Rusia mengingat di Negara ini berdiri pangkalan militer Rusia dan menjadi tangan bagi Rusia terhadap segala kepentingan di kawasan.

  Sumber daya alam juga menjadi alasan terselubung, Minyak dan gas yang tersimpan di Suriah menjadikan siapa saja bernafsu untuk dapat menguasainya. Terlepas dari tangan tangan kotor penuh darah tentu minyak merupakan komoditas yang sangat penting dan berharga. Jumlah minyak dunia yang terus menipis tentu membuat barang ini semakin mahal.

Akhirnya Serangan Amerika di Suriah ini menjadi sesuatu yang sangat sarat akan kepentingan politik. Amerika menginginkan Assad lengser dan sumber daya alam yang benar benar menggiurkan. Konflik berkepanjangan seperti di Suriah bukan tidak mungkin juga akan terjadi di Indonesia kedepannya jika kita masih mudah untuk dipecah seperti di Timur Tengah, untuk itu perlu bagi kita untuk belajar dari konflik di Suriah dan berusaha agar jangan sampai ini terjadi di Indonesia.

Iklan

One thought on “Analisis Serangan Amerika di Suriah

    Gusti Arya said:
    November 9, 2017 pukul 12:08

    Russia pro assad, dan Amerika CS anti assad, memang sangat kompleks konflik yang ada di suriah sekarang.

    Suka

Silahkan yang mau komentar... tapi ingat ! yang sopan ya :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s